Tuesday, March 22, 2011

Editor atau Idetor?

Panitia dan peserta pelatihan "100% Editor" by Mizan Publishing House


Tanggal 17 Maret kemarin saya mengikut pelatihan "100% Editor" yang diadakan oleh DAR! Mizan Publishing House. Banyak banget ilmu yang saya dapatkan dari pelatihan itu. Setidaknya, saya jadi lebih paham tentang peran luar biasa editor yang terkadang dilupakan pembaca buku karena 'tertutupi' oleh penulis.

Awalnya, saya kira peserta pelatihan ini hanya mahasiswa seperti saya, ternyata tidak. Yang merupakan perwakilan kampus sih hanya 4 orang yaitu: Saya, Sigit (Bahasa Indonesia UPI), dan 2 teteh-teteh dari UIN. Kebanyakan dari para peserta adalah penulis bahkan ada yang sudah jadi editor beneran. Jadi banyak dari mereka yang sudah pada punya buku yang ditulis atau diedit sendiri.

Saya malah makin semangat ikutan pelatihannya.


*****


Ternyata menjadi
editor itu tidak semudah yang dibayangkan. Kalau menurut Pak Andi Yudha, seorang designer buku anak, editor itu sumber ilmu. Editor itu seorang mahateks. Editor yang baik adalah seseorang yang harus memahami suatu tulisan bahkan melebihi penulisnya sendiri.

Dalam pelatihan ini, seringkali kata
editor diganti menjadi idetor. Karena memang kerja editor jaman sekarang sudah bukan hanya mengedit, tapi juga memberi ide pada suatu tulisan. Bahkan bukan hanya ide, idetor juga harus bisa mengemas dengan menarik suatu tulisan.

Memberikan ide pada suatu tulisan bukan berarti ikut menulisnya. Itu
sih namanya jadi penulis. Memberikan ide itu maksudnya dengan menangkap gagasan penulis kemudian mengemasnya dengan baik agar gagasan yang ingin disampaikan sang penulis sepenuhnya dapat diterima oleh pembaca. Lebih baiknya lagi kalau editor tersebut bisa menguatkan gagasan sang penulis setelah tulisan itu terbit.

Hanya lewat tulisan? Tidak.
Editor bisa menguatkan gagasan sang penulis dengan memberikan masukan pada illustrator yang bertugas untuk memberikan ilustrasi. Editor juga bisa memberikan masukan pada designer buku agar pesan itu sampai pada pembaca dengan penuh.

Seorang
editorlah yang memutuskan apakah suatu buku layak terbit, apakah buku tersebut layak terbit tapi dengan sedikit tambahan pada ide cerita, atau malah tidak diterima sama sekali. Jika layak terbit, barulah editor mengedit tulisan tersebut. Mulai dari pemilihat kata, pemilihan kalimat, pemilihan judul, judul bab, tagline, dll.

Setelah itu, editor memberikan masukan font jenis apakah yang akan digunakan, berapa ukuran
font-nya, bagaimana cover buku yang sesuai ide penulis, warna yang tepat untuk cover bukunya, bagaimana bentuk bukunya, dll. kepada illustrator dan designer.

Capek kelihatannya. Tapi asik (kelihatannya juga).


*****


Setelah mengetahui bagaimana peran luar biasa editor, maka wajarlah seorang penulis besar seperti Stephen King menulis ucapan terimakasih yang luar biasa untuk editornya pada bukunya:


"To write is human, to edit is divine."



PS: Terimakasih untuk Pak Eki yang sudah memberikan saya kesempatan berharga ini. :D

Saturday, March 12, 2011

Pre-order Kaos "Maha Karya Indonesia" and "Sweater Soekarno"

Hello, guys! Udah lama gak posting, sekarang gue dateng-dateng malah mau nawarin kaos and sweater bagi kalian yang punya rasa nasionalisme tinggi.

Jadi gini ceritanya. Gue ikut kepanitiaan Indonesian Youth Forum yang diakadan oleh Indonesian Youth Movement. Acaranya sendiri baru akan diadakn nanti bulan Oktober. Info lebih lanjut soal acara ini menyusul.

Now, the T-shirt and sweater. :)


Kaos Maha Karya Indonesia


Pre-Order Kaos Maha Karya Indonesia
SESI PEMESANAN: 12 Maret s.d. 1 April 2011

IDR RP.70.000,- (Belum Termasuk Ongkos Kirim u/ luar kota)

*****

Tulisan:
(Depan)
"Maha Karya
Indonesia"

(Belakang)
"Indonesian Youth Movement"

*****

UKURAN YANG TERSEDIA :
S : lebar 45cm, panjang 67cm
M : lebar, 49cm, panjang 70cm
L : lebar, 53cm, panjang 73cm
XL : lebar, 57cm, panjang 76cm
XXL : lebar, 60cm, panjang 80cm



Sweater Soekarno



Pre-Order Sweater Soekarno
SESI PEMESANAN = ON
12 Maret s.d. 1 April 2011

IDR RP.130.000,- (Belum Termasuk Ongkos Kirim u/ luar kota)

*****

Tulisan:
(Depan)
"Berikan aku seribu orang tua, niscaya akan ku cabut Semeru dari akarnya. Berikan aku satu pemuda, niscaya akan ku guncang dunia." ~ Soekarno

(Belakang)
"Yes, I'm Indonesian"

*****

UKURAN YANG TERSEDIA :
S : lebar 54cm, panjang badan 64cm, panjang tangan 57cm, bahu 46cm
M : lebar, 56cm, panjang badan 66cm, panjang tangan 59cm, bahu 47cm
L : lebar, 58cm, panjang badan 68cm, panjang tangan 61cm, bahu 48cm
XL : lebar, 60cm, panjang badan 70cm, panjang tangan 63cm, bahu 49cm
XXL : lebar, 62cm, panjang badan 82cm, panjang tangan 65cm, bahu 50cm


Cara Pemesanan dan Info Lebih Lanjut

SMS ke no : 08562093844 a.n Ryan

KETENTUAN (Untuk pengiriman keluar kota)

Lama pengiriman sepenuhnya tergantung TIKI JNE sbg biro jasa pengiriman barang dan diluar kendali Operator

Status pengiriman bs dicek lgsg di website http://www.jne.co.id/ dengan memasukkan no resi pengiriman

Brg bs sampai lebih cepat dgn "Paket Kilat" Tiki JNE (harga lebih mahal dr paket reguler)


Info lebih lanjut:

Facebook: Ryan Aditya Achadiat.
twitter: @aditryan
e-mail: ryan_en_ciel@yahoo.com atau ryn.aditya@gmail.com


Gak bakalan nyesel deh. Kapan lagi pakai kaos keren, gaya, sekaligus menggambarkan rasa nasionalisme? Ayo pesen sekarang. :)

I'am looking forward for your order! :D